5 Cara Efektif Memasarkan Produk Impor2

5 Cara Efektif Memasarkan Produk Impor di Pasar Domestik

Bagikan

5 Cara Efektif Memasarkan Produk Impor – Memasarkan produk impor memang memiliki tantangan tersendiri. Produk-produk impor seringkali menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dari produk lokal. Simak 5 strategi yang dapat membantu mengatasi tantangan tersebut dan sukses memasarkan produk impor ke pasar domestik.

Baca Juga: Cara Menghemat Biaya Import Barang Dari China

Meskipun produk impor sering kali menawarkan keunikan atau kualitas tertentu, konsumen dalam negeri juga memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Dengan memasarkan produk impor, perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam negeri.

5 Cara Memasarkan Produk Impor

5 Cara Efektif Memasarkan Produk Impor

1. Riset Pasar

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan Riset Pasar. Pahami kebutuhan dan preferensi pasar domestik. Lakukan riset untuk mengetahui tren konsumen, preferensi produk, dan perilaku pembelian. Dengan memahami hal ini, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran agar relevan dan menarik bagi target pasar Anda.

2. Gunakan Platform E-Commerce

Platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada adalah media yang efektif untuk memasarkan produk impor. Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform tersebut seperti iklan berbayar, fitur promosi, dan analisis penjualan untuk meningkatkan exposure dan penjualan produk Anda. Selain itu, pastikan untuk mengoptimalkan deskripsi produk dengan kata kunci yang relevan.

3. Menggunakan Media Sosial Secara Efektif

Media sosial merupakan platform yang sangat potensial untuk memasarkan produk impor kepada target pasar Anda. Manfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Linked-In untuk berbagi konten menarik tentang produk Anda, memperluas jangkauan audiens, dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Berikut beberapa cara bagaimana media sosial dapat digunakan secara efektif dalam memasarkan produk impor.

  • Buat konten yang menarik
    Gunakan media sosial untuk membagikan konten yang menarik dan informatif tentang produk impor Anda. Ini bisa berupa foto produk yang menarik, video unboxing, ulasan produk, atau cerita di balik produksi. Pastikan konten yang Anda bagikan relevan dengan minat dan kebutuhan audiens Anda.
  • Berinteraksi dengan Konsumen
    Media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan konsumen Anda. Gunakan fitur komentar, pesan langsung, dan tanggapan untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan pelanggan, dan berbagi informasi tentang produk Anda. Hal ini akan membantu membangun relasi yang kuat dengan konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek Anda.
  • Gunakan Iklan Berbayar
    Salah satu keuntungan utama dari media sosial adalah kemampuannya untuk menargetkan iklan secara spesifik kepada audiens yang relevan. Manfaatkan fitur iklan berbayar di platform media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk Anda.
  • Evaluasi Kinerja
    Media sosial dapat memberikan laporan perkembangan akun yang sedang dijalankan, sehingga Anda bisa melakukan evaluasi secara rutin untuk memperbaiki konten yang belum maksimal.

4. Optimalkan Website Perusahaan dengan SEO

Tips berikutnya adalah mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan kunjungan situs web Anda dalam hasil pencarian.  SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mengoptimalkan situs web Anda agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian di Google, sehingga berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Berikut beberapa strategi SEO yang efektif untuk produk impor:

  • Riset Kata Kunci
    Identifikasi kata kunci yang relevan dengan produk. Anda dan yang memiliki volume pencarian yang tinggi. Gunakan platform seperti ubersuggest, AhRefs, Keywordtool.io dll
  • Membuat Artikel
    Buat konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan produk impor Anda. Pastikan untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, dan konten dengan kata kunci yang ditargetkan.
  • Optimisasi SEO On-Page
    Pastikan halaman produk Anda dioptimalkan secara on-page, termasuk URL yang ramah SEO, judul halaman yang menarik, tag heading (H1, H2, H3), deskripsi meta, dan penggunaan kata kunci yang tepat di seluruh konten.
  • Optimasi SEO Off-Page
    Bangun tautan balik dari situs web yang relevan dengan niche produk Anda ke halaman website Anda. Ini dapat dilakukan melalui guest posting, kerjasama dengan influencer, atau menggunakan jasa backlink seperti Raja Backlink
  • Optimasi untuk Mobile Phone (HP)
    Pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk penggunaan hp karena banyak pengguna internet terhubung melalui perangkat seluler.
  • Evaluasi Kinerja
    Pantau kinerja optimasi SEO Anda dengan alat analisis web seperti Google Analytics dan Google Search Console. Lakukan perbaikan sesuai dengan hasil evaluasi.

5. Berkolaborasi dengan Influencer

Kerjasama dengan influencer atau ulasan produk dapat menjadi strategi yang efektif dalam memasarkan produk impor. Cari influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda untuk mereview atau mempromosikan produk Anda. Ulasan yang positif dari pihak ketiga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan membantu meningkatkan penjualan.

Penutup

Dengan mengadopsi strategi diatas, perusahaan dapat secara efektif menghadirkan produk impor mereka ke pasar lokal dengan lebih baik. Melalui riset pasar, pemanfaatan platform e-commerce, dan media sosial secara optimal serta pengoptimalan SEO untuk meningkatkan exposure, kita dapat memperluas jangkauan produk impor kepada konsumen dalam negeri.  Selain itu, kolaborasi dengan influencer juga menjadi langkah strategis untuk membangun kepercayaan konsumen dan memperkuat posisi merek di pasar. Jadi dengan strategi yang tepat, produk impor dapat meraih sukses di pasar domestik. Jangan lupa bookmark postingan ini agar dapat dilihat Kembali.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top