Cara Menghemat Biaya Import Barang Dari China

Bagikan

Dalam menghadapi dinamika bisnis global saat ini, impor barang dari China telah menjadi strategi yang umum dilakukan oleh banyak pelaku bisnis. Keberagaman produk dan harga yang kompetitif membuat China menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memperluas jangkauan dan meningkatkan keuntungan. Walaupun begitu, biaya impor seringkali menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu, pengetahuan dan strategi yang tepat dalam mengelola biaya impor dari China menjadi sangat penting. Dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara efektif untuk menghemat biaya import barang dari China untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan dalam proses impor tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Impor Barang dari China dengan Mudah dan Menguntungkan

Biaya Import Barang Dari China

Berikut Beberapa Tips dalam Menghemat Biaya Import Barang Dari China

1. Pilih Jalur Pengiriman yang Tepat

Langkah pertama dalam menghemat biaya import barang dari China adalah dengan memilih jalur pengiriman yang tepat. Opsi pengiriman yang tersedia dan paling banyak digunakan adalah melalui udara atau laut. Pemilihan jalur pengiriman yang tepat dapat mempengaruhi biaya pengiriman secara signifikan. Pengiriman laut umumnya lebih ekonomis dibandingkan dengan udara, terutama untuk volume barang yang besar. Namun, jika waktu pengiriman menjadi faktor yang kritis, maka pengiriman udara bisa menjadi pilihan meskipun biayanya lebih tinggi.

2. Membuat Rencana Impor

Perencanaan yang baik adalah kunci untuk menghemat biaya import. Dengan membuat rencana impor, Anda dapat memilih opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan, mengatur jadwal pengiriman, dan mendapatkan negosiasi harga yang lebih baik. Pemilihan waktu impor yang tepat dapat mengurangi biaya storage dan biaya lainnya yang terkait dengan penundaan pengiriman.

3. Mulai Dengan Kuantitas Kecil

Langkah ketiga dalam menghemat biaya import barang dari china adalah memesan dengan kuantitas kecil atau produk sampel terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya membantu dalam mengevaluasi kualitas produk, tetapi juga melihat kesesuaian antara barang yang dipesan dengan barang yang dikirim. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk mengecek apakah supplier tersebut bisa dipercaya atau tidak.

4. Negosiasi Harga Dengan Supplier

Negosiasi harga dan cara bayar dengan supplier merupakan salah satu langkah terbaik untuk menghemat biaya import. Jangan ragu untuk bernegosiasi dengan supplier Anda. Berdasarkan volume pembelian, Anda mungkin bisa memperoleh diskon atau persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan. Pahami biaya-biaya yang muncul termasuk biaya pengiriman, pajak, dan bea masuk agar tidak ada biaya tersembunyi yang dapat merugikan bisnis Anda.

5. Cari PPJK atau Freight Forwarder Dengan Reputasi Baik

Menggunakan jasa PPJK (Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan) atau Freight Forwarder dengan reputasi baik dapat membantu kelancaran rencana impor Anda.  Mereka dapat memberikan panduan mengenai peraturan kepabeanan yang berlaku dan konsultasi terkait dokumen-dokumen yang diperlukan serta memberikan gambaran mengenai rencana pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Memilih mitra yang terpercaya dapat meminimalisir kesalahan yang dapat menyebabkan keterlambatan atau biaya tambahan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tips dalam memilih PPJK dan Freight Forwarder, Anda bisa mengunjungi artikel kami yang lainnya dengan judul: 5 Tips dalam Memilih Jasa Freight Forwarder dan 4 Tips dalam Memilih Jasa Impor Resmi Terpercaya

6. Manfaatkan Form E

Form E adalah dokumen yang dapat memberikan preferensi tarif bea masuk yang lebih rendah atau bahkan bebas bea masuk atas barang yang diimpor sesuai dengan perjanjian perdagangan antara Indonesia dan China. Penggunaan Form E dapat menghemat biaya impor hingga 30% atau lebih, sehingga sangatlah penting untuk memastikan bahwa dokumen ini dilengkapi dengan benar.

Penutup

Dalam mengimpor barang dari China, efisiensi dan perencanaan yang baik adalah kunci untuk menghemat biaya. Dengan memilih jalur pengiriman yang tepat, membuat rencana impor, memulai dengan kuantitas kecil, bernegosiasi dengan supplier, bekerja sama dengan PPJK atau Freight Forwarder yang terpercaya, serta menggunakan Form E, Anda dapat mengoptimalkan proses impor dan meningkatkan profitabilitas bisnis Anda. Ingatlah bahwa investasi waktu dan upaya dalam perencanaan yang baik dapat membawa manfaat jangka panjang bagi bisnis Anda. Jangan lupa bookmark postingan ini agar dapat dilihat kembali. Kunjungi juga media sosial kami seperti Instagramfacebook, dan Linkedin untuk update informasi terbaru lainnya.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top