Pengiriman Cargo Udara

Keunggulan dan Kelemahan Pengiriman Cargo Udara untuk Bisnis Internasional

Bagikan

Pengiriman cargo melalui udara menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis internasional yang mencari solusi pengiriman yang cepat.  Metode ini melibatkan penggunaan pesawat terbang untuk mengirim barang dari satu lokasi ke lokasi lain di seluruh dunia. Namun, seperti halnya metode pengiriman lainnya, terdapat keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan pengiriman kargo melalui udara. Artikel ini akan membahas mengenai keunggulan dan kelemahan pengiriman cargo udara dalam konteks bisnis internasional.

Baca Juga: Tips untuk Memulai Bisnis Impor Barang dari China

Pengiriman Cargo Udara

Keunggulan Pengiriman Cargo Udara

Metode pengiriman kargo udara memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan populer bagi banyak pebisnis internasional.  Berikut ini adalah beberapa keunggulan utamanya:

1. Kecepatan Pengiriman

Pesawat terbang mampu menempuh jarak yang jauh dalam waktu singkat, sehingga pengiriman melalui udara sangat ideal untuk barang-barang yang memiliki masa simpan pendek atau untuk waktu yang mendesak.

2. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Meskipun proses keamanan di bandara bisa merepotkan bagi penumpang, peraturan dan pemeriksaan yang ketat justru bisa menguntungkan bagi pengiriman barang melalui udara. Area penerimaan kargo dan terminal udara diawasi dengan ketat, sehingga dapat mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang selama transit.

3. Pengiriman Dari Seluruh Dunia

Kemampuan pesawat terbang untuk menjangkau lokasi wilayah yang tidak memiliki pelabuhan menjadikan pengiriman cargo udara sangat fleksibel. Anda bisa dengan mudah mengimpor dan mengirim bahan baku atau produk jadi ke berbagai pasar internasional tanpa batasan jarak geografis. Fleksibilitas ini dapat mendukung operasi bisnis global yang lebih responsif terhadap permintaan pasar.

Kelemahan Pengiriman Cargo Udara

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, pengiriman kargo udara bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari pengiriman kargo udara yang bisa diperhatikan oleh para pebisnis:

1. Biaya Relatif Lebih Mahal

Salah satu kendala utama yang sering dikeluhkan dalam pengiriman kargo udara adalah biayanya yang mahal. Namun, biaya tersebut sebanding dengan kecepatan dan ketepatan waktu yang ditawarkan oleh metode pengiriman cargo udara.  Selain itu, kemampuan akses lokasi pesawat terbang membuat metode pengiriman ini menjadi lebih mahal.

Biaya yang mahal ini perlu diperhatikan dan dibandingkan dengan biaya operasional secara keseluruhan. Pastikan harga produk Anda yang diimpor dengan pengiriman cargo udara masih bisa kompetitif di target pasar Anda.

2. Dipengaruhi Cuaca dan Kondisi Alam

Cuaca buruk dan kondisi alam yang ekstrem dapat mempengaruhi jadwal penerbangan dan menyebabkan penundaan pengiriman. Meskipun teknologi penerbangan terus berkembang untuk mengatasi tantangan cuaca, risiko penundaan tetap ada. Terutama dalam kondisi cuaca yang sangat buruk seperti badai atau kabut tebal.

3. Emisi Karbon yang Tinggi

Industri penerbangan dikenal sebagai salah satu penyumbang emisi karbon terbesar. Penggunaan pesawat untuk pengiriman kargo memberikan kontribusi signifikan terhadap jejak karbon global. Hal ini menjadi perhatian bagi perusahaan yang peduli dengan keberlanjutan lingkungan dan berusaha mengurangi dampak negatifnya terhadap bumi.

Penutup

Pengiriman cargo udara menawarkan beberapa keunggulan yang dapat mendukung bisnis internasional dalam mengirim barang. Meski begitu, beberapa kekurangan yang ada tentu saja menjadi pertimbangan agar bisnis Anda bisa profitable. Memilih metode pengiriman yang tepat memerlukan pertimbangan yang matang berdasarkan kebutuhan spesifik bisnis dan jenis barang yang akan dikirim.

Dalam beberapa kasus, pengiriman udara mungkin menjadi pilihan terbaik. Dengan memahami keunggulan dan kekurangan pengiriman kargo udara, pebisnis dapat membuat keputusan terbaik sesuai kebutuhannya. Jangan lupa bookmark postingan ini agar dapat dilihat kembali. Kunjungi juga media sosial kami seperti Instagramfacebook, dan Linkedin untuk update informasi terbaru lainnya.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top