ppjk

Peranan PPJK dalam Kegiatan Ekspor Impor

Bagikan

Dalam dunia perdagangan internasional, kegiatan impor dan ekspor memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, proses impor dan ekspor ini melibatkan berbagai regulasi dan kepatuhan kepabeanan yang harus diikuti oleh para pelaku bisnis. Untuk memastikan pelaksanaan yang lancar dan sesuai dengan peraturan, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) memiliki peran yang sangat vital. Artikel ini akan membahas apa itu PPJK dan peran krusialnya dalam kegiatan ekspor impor.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Menjadi Importir Profesional yang Sukses

Apa itu PPJK?

ppjk

PPJK (Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan) adalah perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang jasa kepabeanan yang memiliki izin resmi dari otoritas kepabeanan setempat. Mereka memberikan layanan yang berkaitan dengan ekspor impor dan memastikan agar semua kewajiban pabean bisa terpenuhi, sehingga barang  bisa dikeluarkan dari pelabuhan/bandara sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

Peranan PPJK dalam Kegiatan Ekspor Impor

1. Informasi Terkini Regulasi Kepabeanan

PPJK umumnya mendapatkan informasi terkini terkait dengan aturan kepabeanan yang berlaku. Mereka dapat membantu para pelaku bisnis dengan memberikan update terkait peraturan, tarif, dan prosedur kepabeanan yang berlaku.

2. Persiapan dan Pengajuan Dokumen Kepabeanan

Proses impor dan ekspor melibatkan sejumlah dokumen kepabeanan yang harus diproses dan diajukan kepada otoritas terkait. Lembaga ini membantu dalam persiapan dan pengajuan dokumen ini, mengurangi risiko kesalahan dan keterlambatan, serta memastikan kelancaran proses impor/ekspor.

3. Penghitungan Bea Masuk dan Pajak Impor

PPJK membantu importir dalam menghitung bea masuk dan pajak impor yang harus dibayarkan. Hal ini membuat pelaku bisnis dapat mengantisipasi dan mengetahui biaya yang harus dikeluarkan, sehingga anggaran impor atau belanja modal bisa terkontrol.

4. Konsultasi Kepabeanan

PPJK dapat menyediakan layanan konsultasi kepabeanan kepada pelaku bisnis untuk membantu merencanakan agar kegiatan ekspor/impor mereka berjalan dengan baik dan lancar ataupun mengatasi kendala ekspor impor yang sedang dihadapi. Dengan demikian, para pelaku bisnis dapat menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan saran dan masukan dari PPJK dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

5. Audit Kepatuhan

PPJK dapat membantu melakukan audit kepatuhan terhadap kepabeanan di perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa prosedur dan kebijakan internal telah sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan kepabeanan yang berlaku.

PPJK memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kepatuhan kepabeanan dan kelancaran proses impor dan ekspor. Dengan informasi yang terkini, persiapan dokumen yang tepat, layanan konsultasi, dan audit kepabeanan, mereka dapat membantu usaha para eksportir dan importir agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan bantuan PPJK, resiko kesalahan bisa ditekan dan kegiatan impor ekspor menjadi lebih optimal untuk kemajuan bisnis.

PT Eximdo Trisan Makmur sebagai PPJK menyediakan pelayanan terbaik untuk membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah dalam kegiatan impor. Bagi Anda yang ingin melakukan impor ekspor atau sebelumnya sudah pernah melakukannya dan memiliki kendala, silahkan konsultasikan secara gratis pada tim ahli kami dengan mengisi form dibawah ini :

 

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top