komoditas impor indonesia

5 Komoditas Impor yang Paling Diminati di Indonesia

Bagikan

5 Komoditas Impor Indonesia yang Paling Diminati – Indonesia adalah negara dengan ekonomi yang terus berkembang, dan perdagangan internasional memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara ini. Salah satu aspek penting dari perdagangan internasional adalah impor barang. Importir Indonesia terus mencari komoditas yang diminati dan memiliki potensi untuk memberikan keuntungan yang besar. Dalam artikel ini, kami akan berikan 5 komoditas barang yang paling diminati oleh importir Indonesia berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) periode Januari – Juli 2023.

Baca Juga : 5 Komoditas Ekspor di Indonesia yang Paling Diminati

komoditas impor indonesia

1. Mesin/peralatan mekanis dan bagiannya

Komoditas pertama yang paling diminati adalah mesin atau peralatan mekanis beserta bagian-bagiannya. Komoditas ini termasuk salah satu yang paling sering diimpor karena masih banyak di perlukan dalam berbagai sektor seperti manufaktur, pertanian, konstruksi, dan energi. Mesin pengolahan, mesin pertanian, dan peralatan industri adalah beberapa contoh peralatan yang membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai industri. Bagian-bagian mesin yang berkualitas juga penting untuk menjaga kelancaran operasi peralatan tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, per bulan Januari – July 2023, nilai impor dari komoditas ini mencapai US$18 Miliar. Nilai ini lebih besar dibandingkan periode sebelumnya di tahun 2022 dan termasuk nilai terbesar dibandingkan komoditas lainnya.

2. Mesin/perlengkapan elektrik dan bagiannya

Dalam era digital saat ini, mesin/perlengkapan elektrik sangat diminati di Indonesia. Termasuk dalam kategori ini adalah komputer, smartphone, peralatan rumah tangga, dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Impor mesin/perlengkapan elektrik ini membantu memenuhi kebutuhan konsumen, mendukung perkembangan teknologi, dan memfasilitasi sektor jasa serta industri.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, per bulan Januari – July 2023, nilai impor dari komoditas ini mencapai US$15,3 Miliar. Nilai ini lebih besar dibandingkan periode sebelumnya di tahun 2022.

3. Hasil Minyak

Hasil minyak seperti bahan bakar minyak dan gas alam cair adalah komoditas impor yang penting bagi Indonesia. Mereka digunakan dalam sektor transportasi, pembangkit listrik, dan industri. Ketergantungan pada impor hasil minyak membuat harga minyak dunia menjadi faktor penting yang mempengaruhi ekonomi Indonesia. Itulah kenapa hasil minyak menjadi urutan ke 3 paling banyak diiminati oleh importir Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, per bulan Januari – July 2023, nilai impor dari komoditas ini mencapai US$11,39 Miliar. Walaupun nilai ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya di tahun 2022, namun komoditas ini tetap banyak diminati oleh importir Indonesia.

4. Kendaraan dan bagiannya

Kendaraan bermotor termasuk mobil dan sepeda motor adalah salah satu komoditas impor yang paling diminati di Indonesia. Pertumbuhan penduduk, urbanisasi, dan kenaikan pendapatan telah mendorong permintaan akan kendaraan pribadi. Impor kendaraan dan komponennya, seperti mesin, transmisi, dan suku cadang, membantu memenuhi kebutuhan transportasi yang terus meningkat di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, per bulan Januari – July 2023, nilai impor dari komoditas ini mencapai US$6,27 Miliar. Walaupun nilai ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya di tahun 2022, namun komoditas ini tetap banyak diminati oleh importir Indonesia.

5. Minyak Mentah

Indonesia juga mengimpor minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dalam sektor energi dan industri. Meskipun Indonesia adalah produsen minyak mentah, produksi dalam negeri tidak selalu mencukupi untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, impor minyak mentah masih sangat penting. Minyak mentah ini digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai produk petrokimia dan bahan bakar. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, per bulan Januari – July 2023, nilai impor dari komoditas ini mencapai US$6,1 Miliar. Walaupun nilai ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya di tahun 2022, namun komoditas ini tetap banyak diminati oleh importir Indonesia.

Itulah tadi 5 komoditas impor yang paling diminati oleh para importir Indonesia. Berdasarkan data terakhir di bulan Januari sampai dengan July 2023, 5 komoditas ini tetap menjadi primadona dan paling diminati. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bookmark postingan ini, agar Anda bisa melihatnya lagi.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top