Commercial Invoice

Commercial Invoice: Pengertian, Fungsi dan Isinya

Bagikan

Agar proses impor atau ekspor Anda berjalan lancar, terdapat serangkaian dokumen penting yang perlu dipelajari. Salah satunya adalah Commercial Invoice. Dokumen ini adalah salah satu dokumen utama dalam proses ekspor impor yang memiliki peran penting dalam transaksi lintas negara. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai Commercial Invoice, fungsi-fungsinya, apa saja yang termasuk dalam isinya, dan contohnya.

Baca juga: Angka Pengenal Impor: Pengertian, Jenis dan Cara Daftarnya

Pengertian Commercial Invoice

Commercial Invoice

Menurut International Trade Administration, Commercial Invoice adalah dokumen penting dalam proses ekspor dan impor yang terkadang digunakan untuk pertukaran valuta asing.

Dokumen ini memberikan informasi detail terkait harga, jumlah, dan pembayaran yang disepakati antara penjual (eksportir) dan pembeli (importir). Secara umum, dokumen ini adalah bukti transaksi jual beli yang diakui secara luas dalam perdagangan internasional. Tanpa dokumen tersebut proses ekspor dan impor dapat terhambat karena produk tidak dapat masuk ke negara importir.

Sebelum menerbitkan dokumen ini, eksportir sebaiknya memahami persyaratan khusus negara importir karena beberapa negara mungkin memiliki aturan template tertentu untuk Commercial Invoice.

Fungsi Commercial Invoice

Dokumen ini memiliki beberapa fungsi penting yang sangat krusial dalam perdagangan ekspor impor, diantaranya:

1. Acuan Perhitungan Pajak

Dokumen ini berfungsi sebagai panduan untuk menentukan jumlah pajak dan bea masuk yang harus dibayar oleh importir. Angka-angka yang tercantum dalam faktur komersial menjadi dasar untuk perhitungan pajak yang berlaku di negara importir.

2. Detail Barang

Detail Informasi mengenai barang yang tercantum dalam dokumen ini adalah nama barang, jumlah, berat, ukuran, kualitas, dan kondisi sangatlah penting. Hal ini membantu memberikan klarifikasi bagi pihak yang terlibat dalam transaksi perdagangan termasuk petugas Bea Cukai.

3. Meminimalisir Risiko

Risiko dalam perdagangan internasional merupakan hal yang perlu diantisipasi. Namun, dengan kehadiran dokumen ini, semua detail transaksi tercatat dengan jelas, sehingga pembeli dapat menjalankan kegiatan ekspor impor dengan lancar.

Isi dari Commercial Invoice

Untuk memastikan keabsahan dan kelancaran proses bisnis, isi dari commercial invoice sebaiknya lengkap dan akurat. Berikut ini beberapa komponen yang ada di dalam dokumen ini:

1. Nomor dan Tanggal Dokumen

Setiap commercial invoice harus memiliki nomor faktur unik yang dapat digunakan sebagai referensi dalam proses administrasi dan akuntansi. Selain itu tanggal faktur menunjukkan kapan transaksi tersebut terjadi, untuk penentuan tenggat waktu pembayaran dan pengiriman.

2. Nama Pembeli (Importir) dan Penerima Barang (Consignee)

Informasi ini mencakup identitas lengkap dari pihak pembeli atau importir, serta penerima barang atau consignee. Hal ini bertujuan agar dokumen ini dapat diidentifikasi dengan mudah dan dihubungkan dengan pihak yang bersangkutan.

3. Nama Barang

Deskripsi yang jelas dan terperinci mencakup informasi seperti nama barang, spesifikasi, merek, ukuran, dan atribut lain yang relevan.

4. Harga Per Unit

Harga per unit barang yang dijual haruslah tercantum dengan jelas, serta satuan ukuran yang digunakan untuk penjualan seperti pcs, kgm, cbm, dozen. Hal ini memudahkan pembeli untuk memahami harga yang mereka bayar untuk setiap unit barang yang dipesan.

5. Harga Total Seluruh Barang

Total harga barang harus dihitung dengan cermat berdasarkan harga per unit dan jumlah barang yang dipesan. Informasi ini membantu pembeli untuk mengetahui total biaya yang harus dibayarkan untuk pesanan mereka secara keseluruhan.

6. Informasi Tambahan

Informasi tambahan seperti nama kapal atau pesawat, nomor kontainer, tempat muat dan bongkar, serta detail lain yang relevan dengan pengiriman barang dapat disertakan untuk memperjelas proses logistik dan pengiriman.

Contoh Commercial Invoice

Penutup

Dalam perdagangan internasional, Commercial Invoice merupakan dokumen yang sangat penting karena menjadi dasar dalam proses transaksi jual beli. Dengan memahami pengertian, fungsi, dan isi dari Commercial Invoice, pelaku bisnis dapat memastikan bahwa transaksi perdagangan internasional yang dilakukan berjalan dengan efisien dan aman. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan baik tentang Commercial Invoice dan memastikan bahwa dokumen tersebut disiapkan dengan teliti dan akurat. Jangan lupa bookmark postingan ini agar dapat dilihat Kembali.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top