Panduan Lengkap Cara Menjadi Eksportir Pemula

Panduan Lengkap Cara Menjadi Eksportir Pemula

Bagikan

Panduan Lengkap Cara Menjadi Eksportir Pemula – Di era globalisasi saat ini peluang bisnis ekspor semakin terbuka lebar. Para pebisnis memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan mereka di pasar internasional. Namun, memulai bisnis ekspor tidaklah mudah. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah penting yang harus diambil oleh para calon eksportir pemula untuk sukses dalam dunia perdagangan internasional.

Cara menjadi eksportir pemula
Panduan Lengkap Cara Menjadi Eksportir Pemula

Manfaat Menjadi Eksportir

Ekspor memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Bagi para pebisnis, terlibat dalam kegiatan ekspor bisa memberikan banyak manfaat yang signifikan. Seperti penyerapan pasar yang lebih luas, memperbesar potensi income, meningkatkan global brand awareness, hingga meningkatkan daya saing untuk terus bisa menjadi kompetitif. Selengkapnya silahkan kunjungi artikel berikut ini: 5 Manfaat Ekspor bagi Pengusaha

Syarat Menjadi Eksportir

Sebelum memasuki dunia ekspor, pastikan perusahaan memenuhi syarat-syarat yang diperlukan. Berikut ini beberapa syarat yang diperlukan menurut Kementrian Perdagangan Republik Indonesia:

1. Memiliki badan usaha dalam bentuk:

  • CV
  • Firma
  • Persero
  • PT
  • Perusahaan Umum
  • Perusahaan Jawatan
  • Koperasi

2. Memiliki NPWP

3. Mempunyai salah satu izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah:

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Dinas Perdagangan
  • Surat Izin Industri dari Dinas Perindustrian
  • Izin Usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau Penanaman Modal Asing (PMA) yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

Tips Untuk Menjadi Eksportir Pemula

1. Pahami Dasar-Dasar Bisnis Ekspor

Pemahaman mengenai proses ekspor adalah kunci pertama. Pelajari kebijakan perdagangan internasional, tarif, regulasi ekspor, dan regulasi impor di negara tujuan. Pahami juga aspek-aspek hukum, kontrak, dan pembayaran internasional. Penguasaan dasar-dasar ini akan memberikan pondasi yang kuat dalam melakukan ekspor.

2. Riset Pasar Internasional

Sebelum memilih produk untuk diekspor, lakukan riset pasar internasional secara menyeluruh. Identifikasi tren pasar, kebutuhan konsumen, dan persaingan kompetitor atas komoditi yang ingin diekspor. Pahami preferensi konsumen di pasar tujuan serta harganya. Riset pasar yang baik akan membantu produk lebih mudah terserap di pasar internasional.

3. Lakukan Perencanaan Budgeting

Perencanaan budgeting yang matang sangat penting dalam bisnis ekspor. Tentukan anggaran untuk kegiatan ekspor termasuk produksi, pengemasan, distribusi, dan promosi. Selain itu, pertimbangkan juga biaya logistik, pajak, dan asuransi. Membuat proyeksi pendapatan dan pengeluaran akan membantu meminimalisir resiko-resiko yang tidak terduga.

4. Manfaatkan Internet dan Media Sosial

Di era digital ini, internet dan media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk memasarkan produk di pasar internasional. Rancang situs web perusahaan yang informatif dan mudah dicari. Gunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn untuk membangun kehadiran online dan berinteraksi dengan prospek. Konten yang relevan dan menarik akan meningkatkan visibilitas sebuah bisnis.

5. Persiapkan Dokumen Ekspor ang Diperlukan

Dalam bisnis ekspor, persiapan dokumen yang akurat dan lengkap sangat penting. Pelajari jenis-jenis dokumen ekspor seperti commercial invoice (faktur perdagangan), sales contractletter of creditbill of lading air way bill, packing list dll. Pastikan juga untuk memahami persyaratan dokumen ekspor di negara tujuan. Kesalahan dalam dokumen dapat mengakibatkan penundaan dan kerugian finansial.

6. Konsultasi dengan Agen PPJK atau Forwarder

Sebelum melakukan ekspor, konsultasikan terlebih dahulu dengan agen PPJK atau Forwarder yang berpengalaman. Dengan konsultasi ini, akan membantu memahami proses ekspor, peraturan kepabeanan, dan mendapat saran untuk rencana ekspor sesuai kebutuhan, sehingga bisa meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Pastikan untuk memilih agen PPJK atau Forwarder yang berpengalaman, memberikan informasi yang jelas, jujur, memberikan layanan sesuai kebutuhan, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel berikut ini: 5 Tips Dalam Memilih Jasa Freight Forwarder yang Terpercaya

7. Evaluasi dan Pengembangan

Setelah memulai bisnis ekspor, evaluasi prosesnya secara konsisten. Pantau penjualan, umpan balik pelanggan, dan respons pasar terhadap produk yang dijual. Gunakan data ini untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan. Teruslah belajar dan beradaptasi, baik dalam hal produk maupun strategi pemasaran. Jangan lupa untuk selalu terbuka terhadap perubahan dan beradaptasi dengan dinamika pasar internasional.

Kesimpulan

Menjadi eksportir pemula adalah tantangan yang menarik dan berpotensi memberikan kesuksesan dalam dunia perdagangan internasional. Semoga panduan ini dapat memberikan wawasan yang diperlukan untuk memulai perjalanan sebagai eksportir pemula yang sukses. Jangan lupa untuk bookmark postingan ini agar dapat dilihat Kembali.

Jasa Ekspor Impor

PT Eximdo Trisan Makmur bergerak di bidang Jasa Ekspor Impor. Kami hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan impor maupun ekspor.

Office Location

Ruko Royal Residence Blok BS-15 no. 7B,
Perumahan Royal Residence,
Wiyung, Surabaya 60227,
Jawa Timur, Indonesia

Contact Us

© 2020 - Eximdo Trisan Makmur - All Rights Reserved

Scroll to Top